Kapten Vincent Ungkap Fungsi Benda Berputar di Samping Kaki Pilot Pesawat

Sabtu, 20 Maret 2021 - 15:41 WIB
loading...
Kapten Vincent Ungkap Fungsi Benda Berputar di Samping Kaki Pilot Pesawat
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Bagian-bagian dari pesawat memang terlihat rumit dan selalu bikin penasaran. Terutama di bagian nose section yang merupakan area pesawat yang paling depan yang biasa disebut kokpit. Dari dalam kokpit atau flight deck ini pilot mengendalikan pesawat terbang.

Dalam kokpit itu sendiri terdapat instrumen penerbangan dan kontrol penerbangan. Dalam kokpit, sering terlihat benda berputar yang berada di bagian bawah samping kaki pilot. Alat unik ini sering terlihat terus berputar-putar sehingga bikin banyak orang yang ingin tahu fungsinya.

Kali ini, pilot Vincent Raditya yang rajin mengedukasi masyarakat Indonesia lewat video YouTubenya menjelaskan fungsi benda berputar tersebut. Pilot berusia 36 tahun ini mendapat banyak komentar yang menginginkan penjelasan tentang benda berputar itu.

Benda yang dimaksud bernama stab trim atau stabilizer trim. Tujuan stab trim untuk mengurangi beban ketika pilot harus terus menarik kontrol. Apabila seorang pilot menerbangkan pesawat tanpa menggunakan stab trim yang baik, kontrol akan menjadi sangat berat dan sulit dikendalikan.

Selain menjelaskan tentang stab trim, Captain Vincent juga mendemonstrasikan cara penggunaan alat tersebut. “Trim dapat diputar secara otomatis dan manual. Jika tiba-tiba trim otomatis rusak maka masih bisa diputar secara manual” jelas Kapten Vincent.

Dengan video penjelasan serta demonstrasi ini akhirnya Kapten Vincent menjawab rasa penasaran warganet.

“Dari dulu penasaran sama bulatan berputar itu. Baru-baru ini saya tahu gara-gara Capt. Vincent,” komentar salah satu akun di video YouTube Vincent Raditya.

Tonton selengkapnya yuk video Captain Vincent untuk tambah ilmu tentang pesawat terbang di YouTube channel Vincent Raditya!

(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)